Browsed by
Month: April 2021

Klinik Konsultasi untuk UMKM Online, Kamis, 29 April 2021

Klinik Konsultasi untuk UMKM Online, Kamis, 29 April 2021

Pada Hari Kamis, 29 April 2021, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut STIAMI bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Klinik Konsultasi untuk UMKM dalam rangka Peningkatan Kapasitas UMKM se DKI Jakarta untuk pertama kalinya, yang berkolaborasi dengan UMKM yang tergabung dalam Jakpreneur.
Dalam sambutannya pada acara tersebut, Restuning, selaku perwakilan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, menyambut baik kegiatan Klinik Konsultasi yang diadakan tersebut dan merupakan sebuah program yang inovatif dalam membantu peningkatan Kapasitas UMKM di DKI Jakarta.
Pada kegiatan yang dilaksanakan secara online tersebut, para peserta terbagi menjadi 9 group kelompok konsultasi yang didampingi oleh para dosen pendamping yang  berpengalaman dari Institut Stiami. Kelompok-kelompok tersebut dibagi berdasarkan kebutuhan masing-masing UMKM diantaranya bidang pemasaran, digital marketing, manajemen sumber daya manusia, kemasan, branding, pelaporan keuangan dan pelaporan perpajakan.
SEMINAR NASIONAL 26 FEBRUARI 2021

SEMINAR NASIONAL 26 FEBRUARI 2021

Institut STIAMI Dorong Peningkatan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital

Seminar Nasional dibuka oleh Rektor Institut STIAMI Prof. Dr. Ir. Wahyuddin Latunreng, MM dan sambutan Dekan Ilmu Sosial dan Manajemen Institut STIAMI oleh Ibu Yuli Evitha, SE, MA.
Sementara itu, Dr. H. Sandiaga Salahuddin  Uno, B.B.A, MBA selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, sebagai keynote speaker dalam seminar nasional mengajak para pelaku bisnis muda agar mau untuk melakukan kegiatan ekonomi kreatif berbasis digitalisasi untuk menghadapi persaingan global.
“Saya mengajak agar para pelaku bisnis, khususnya pebisnis muda untuk melakukan kegiatan ekonomi kreatif berbasis digitalisasi,” ujarnya.
Dijelaskannya, ekonomi kreatif merupakan penyumbang devisa yang besar dan tingkat penyerapan tenaga kerja yang tinggi bagi perekonomian Indonesia, tetapi saat pandemi melanda di sektor ini sangat terdampak.
Pada seminar nasional tersebut para pembicara terdiri dari unsur akademisi, praktisi dan pelaku usaha yang luar biasa di bidangnya masing-masing, diantaranya pembicara I, Dr. Adi Budirso, FCPA selaku Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Menteri Keuangan RI. Pembicara II, Muhammad Azhar Iskandar Zainal, MBA selaku Koordinator Aplikasi, Direktorat Aplikasi dan Tata Kelola Ekonomi Digital Kedeputian Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif. Pembicara III, Dr. Dadang Solihin, SE, MA Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata Prov. DKI Jakarta dan Dosen Institut STIAMI. Dan Pembicara IV Iman Kusnadi CEO and Co Founder Ritase.com.
Seminar Nasional tersebut juga membahas urgensi stimulus kebijakan fiskal untuk mendukung ekonomi kreatif di era digital.
Sementara itu, strategi kebijakan pengembangan dan penguatan ekonomi dan keuangan digital dalam hal ini menyampaikan ada 3 kebijakan yang harus dilakukan, antara lain:
1. Perkembangan Covid-19 perekonomian dan program pemulihan ekonomi nasional.
2. Perkembangan ekonomi dan keuangan digital, dan
3. Strategi kebijakan dan dukungan pemerintah untuk pengembangan ekonomi dan keuangan digital

SESI 7-PELATIHAN PENINGKATAN UMKM APRIL 2021

SESI 7-PELATIHAN PENINGKATAN UMKM APRIL 2021

Pelatihan Peningkatan Kapasitas UMKM di Jakarta secara online 22 April 2021
Pada Hari Kamis, 22 April 2021, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Stiami bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta mengadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas UMKM se DKI Jakarta untuk yang ke 7 kalinya pada tahun 2021, yang berkolaborasi dengan UMKM yang tergabung dalam Jakpreneur. Pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya, S.H, M.SE, menyambut baik kegiatan yang telah rutin diadakan tersebut dan mengharapkan agar kegiatan tersebut dapat mendukung Program Pemerintah, Khususnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam membantu dan meningkatkan Kapasitas UMKM di DKI Jakarta.
Pada kegiatan yang dilaksanakan secara online tersebut, para peserta mendapatkan pemaparan dari para dosen Institut Stiami yang berpengalaman, diantaranya, Ivan Budi Susetyo yang menyampaikan tentang Isu dan perkembangan kebijakan pengembangan ekonomi local, Aryo Santiko yang memaparkan tentang strategi pemberdayaan usaha kecil mikro dan menengah, dan Dodi Rahmat Setiawan yang menyampaikan tentang teknis analisis SWOT dalam Organisasi.
PELATIHAN DAN PENYUSUNAN WRITING CLINIC, 14 Agustus 2021

PELATIHAN DAN PENYUSUNAN WRITING CLINIC, 14 Agustus 2021

Proposal Hibah Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemenristek / BRIN

Dalam materinya Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si beliau menyampaikan hal-hal apa saja yang menjadi penilaian reviewer terhadap proposal yang diajukan oleh para dosen di Perguruan Tinggi. “Nilai tertinggi dari penilaian proposal penelitian adalah rekam jejak peneliti atau publikasi dan nilainya adalah 40% dari total penilaian proposal, selebihnya itu substansi proposal yang dinilai secara objektif. Oleh karena itu jika belum memiliki rekam jejak baik itu Artikel Nasional Sinta 1, dan 2, dan Internasional bereputasi atau Scopus sebagai penulis pertama atau corresponding. Acara selanjutnya diisi dengan pemeriksaan proposal secara bertahap dengan memanggil dosen-dosen yang terdaftar dan telah memiiliki proposal untuk diperiksa kekuranganny, baik format penulisan, template, RAB serta luarannya.
PELATIHAN PENGOLAHAN DATA RISET, 10 April 2021

PELATIHAN PENGOLAHAN DATA RISET, 10 April 2021

Pelatihan Online Pengolahan Data Riset Dengan IBM Statistics SPSS
SPSS adalah Statistikal Package for the Social Sciens dimana pada waktu itu SPSS dibuat untuk keperluan pengolahan data statistik untuk ilmu-ilmu sosial, sehingga . Sekarang kemampuan SPSS diperluas untuk melayani berbagai jenis pengguna (user), seperti untuk proses produksi di pabrik, riset ilmu sains dan lainnya.  Dengan demikian, sekarang kepanjangan dari SPSS adalah Statistical Product and Service Solutions.
Mohommad Sofyan, SE, MM menyampaikan SPSS dapat membaca berbagai jenis data atau memasukkan data secara langsung ke dalam  SPSS Data Editor. Bagaimana pun struktur dari file data mentahnya, maka data dalam Data Editor SPSS harus dibentuk dalam bentuk baris (cases) dan kolom (variables). Case berisi informasi untuk satu unit analisis, sedangkan variabel adalah informasi yang dikumpulkan dari masing-masing kasus.