Profil LPPM

KATA PENGANTAR

Secara umum Perguruan Tinggi berbasis riset dapat dipandang sebagai perguruan tinggi yang kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berjalan  bersama dengan sepenuhnya di topang oleh kegiatan riset, maka pelaksanaan tri-dharma tersebut harus diterapkan   berdasarkan kaidah – kaidah yang berlaku.

Karena kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan bagian tak terpisahkan dari tri-dharma, maka pengamalan ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh sivitas akademika secara kelembagaan bagi masyarakat membutuhkan upaya pemberdayaan. Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia guna memperbaiki kualitas hidup. Kegiatan ini menjadi tolak ukur seberapa jauh sebuah perrguruan tinggi berkontribusi kepada masyarakat dalam memberikan sumbangsihnya.

Unit kerja yang mengelolanya di Institut STIAMI adalah Lembaga Penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Lembaga ini berfungsi memfasilitasi, mendinamisasi dan mendorong semua kegiatan pusat-pusat kajian dan pengabdian kepada masyarakat; melaksanakan pelatihan, lokakarya, seminar, serta memberikan jasa konsultasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; menggiatkan pembuatan karya ilmiah secara berkala untuk dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang resmi di Institut STIAMI baik dalam bentuk cetak ataupun online.