Penelitian

Penelitian

2019

April - Penelitian V

“Model Pelaporan Keuangan Entitas Bisnis Berbasis komunitas” (Studi Kasus Kampung Warna Warni, Kota Malang),  Pada Tanggal 3 – 4 April 2019. Kampung Warna Warni  atau kampung Jodipan  terletak di bawah jembatan kereta api kota Malang dan terletak di wilayah aliran sungai Brantas. Kampung Jodipan telah menjadi desa wisata tematik yang penuh warna yang menarik ribuan pengunjung. Perubahan Kampung Jodipan yang penuh warna menggunakan Model Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat Lokal di mana peran masyarakat lokal sangat penting. 

April - Penelitian III & IV

Penelitian 3.
“Kerangka Kerja Desa Wisata : Sebuah Rencana Pengembangan. 

Penelitian 4.
“Model – model Desa Wisata di Pulau Jawa : Studi Komparasi.

Pada Tanggal 3 – 4 April 2019, Salah satu pendekatan yang dapat dipergunakan guna mengembangkan kegiatan pariwisata adalah konsep desa wisata dan ekowisata berbasis partisipasi masyarakat. Desa wisata dan Ekowisata merupakan kegiatan wisata yang memberikan dampak langsung terhadap kawasan wisata tersebut, serta berperan dalam usaha pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal, serta mendorong dan pembangunan berkelanjutan. Sebagai contoh riset adalah Kampung Warna Warni  dan Kampung Tridi atau kampung Jodipan  terletak di bawah jembatan kereta api kota Malang dan terletak di wilayah aliran sungai Brantas. Kampung Jodipan telah menjadi desa wisata tematik yang penuh warna yang menarik ribuan pengunjung.

April - Penelitian II

“Komparasi Model Desa Wisata Berbasis Komunitas di Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur”Pada tanggal 1 – 2 April 2019. Desa Wisata Pujon KidulMalang, Jawa Timur memang banyak berhasil mengintegrasikan segenap potensi desanya  untuk menjadi destinasi wisata yang unik dan menarik. Desa ini  menyediakan paket-paket wisata mulai dari cafe sawah, wisata berkuda, outbond, tracking di pegunungan, edukasi pertanian dan peternakan hingga homestay. Konsep memanfaatkan potensi alam, ekonomi dan budaya.  Dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi destinasi tujuan wisata di daerah Batu Malang.

April - Penelitian I

“Smart Village di Desa Wisata Kabupaten Malang” pada Tanggal 1 – 2 April 2019. Konsep desa pintar atau smart village, mampu mengembangkan potensi desa dengan memanfaatkan bentuk – bentuk  teknologi baik secara digital tools dan apps. Desa wisata yang menggunakan konsep Smart Village dalam pengelolaanya mengoptimalkan peran pemerintah, masyarakat setempat dan kelompok sadar wisata atau komunitas-komunitas  sehingga menciptakan desa wisata yang berbasis teknologi.

2018

November

Penelitian dan Wawancara I “Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan Menengah di Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta” dan  Penelitian dan Wawancara II ” Model Desa Wisata Berbasis Community Based Tourism/CBT di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu” yang dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 November 2018, di Kepulauan Seribu.

2017

Maret - Penelitian I

Penelitian di Yogyakarta “Strategi Pengurangan Angka Kemiskinan di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta”. Pada 1 Maret 2017.

Maret - Penelitian II

Penelitian di Yogyakarta “Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta” Lokasi Pantai Baron dan Pantai Kukup pada 1 Maret 2017.

Maret - Penelitian III

Peneltian dan wawancara di Yogyakarta “Analisis Diskriminan Faktor-faktor Keputusan Pembelian Pengunjung Pusat Gerabah Kasongan Yogyakarta”, serta “Analisis Risiko Supply Chain Management Pusat Gerabah Kasongan Yogyakarta” pada 2 Maret 2017.

Maret - Penelitian IV

Penelitian “Strategi Rebranding Pusat Gerabah di Purwakarta” 21 Maret 2017

2016

Oktober - Penelitian I

Peneltian di Farm House Bandung “Analisis Persepsi Pengunjung terhadap Kualitas Pelayanan Obyek Wisata Farm House Lembang, Bandung”  4 Oktober 2016.

Oktober - Penelitian II

Penelitian dan Wawancara di Floating Market Lembang Bandung ” Strategi Pengembangan Obyek Wisata Floating Market, Lembang Bandung” 4 Oktober 2016.