Browsed by
Month: September 2019

Lokakarya & Pendampingan 21 September 2019

Lokakarya & Pendampingan 21 September 2019

“ Penulisan Buku Teks/Ajar dan Artikel Jurnal Nasional dan Internasional Bereputasi ”

Lokakarya dan Pendampingan “Penulisan Buku Teks/Ajar & Artikel Jurnal Nasional dan Internasional  Bereputasi” Pemateri pada workshop ini adalah Prof. Dr. H. Burhan Bungin, B.Sc. S.Sos. M.Si. Ph. D.  yang diselenggarakan pada 21 September 2019 di Institut STIAMI. Tujuan dari Lokakarya dan Pendampingan ini adalah memberikan pengetahuan serta motivasi kepada para dosen baik yang berada di lingkungan Institut STIAMI juga dosen dosen dari kampus di luar Institut STIAMI  tentang  pentingnya Publikasi Riset bertaraf nasional dan Internasioanl dan bagaimana membuat sebuah Produk produk buku teks .
Passion Menulis,  dan Kesadaran Profesi
Motivasi Manulis harus ditumbuhkan : Kesadaran profesi, Kesadaran meningkatkan kualitas diri, Kesadaran meningkatkan kualitas bangsa, Indikator peningkatan daya saing negara (salah satu) adalah sciences.  Dan Indikatornnya = Publikasi ilmiah.
Bagaimana dapat menulis :
Miliki Visi menulis adalah hal penting , serta  bagaimana memulai menulis dan membawa alat tulis dimana saja dilanjutkan dengan menulis dimana saja karena hal itu adalah penting,  memulai lah menulis apa yang mudah ditulis browsing dan  rajin mendownload internet , pupuklah hasrat memiliki bahan informasi dan passion ilmuwan.
Problema ada pada kemampuan menulis :
Menulis bukan sekedar melapor hasil penelitian tetapi menulis  adalah sebuah  seni menyampaikan gagasan, dan menulis – merupakan pesan kecerdasan,  Menulis – kualitas akademik ilmuwan, juga  Menulis – social class ilmuwan,  Menulis – sarana aktualisasi ilmuwan,  Menulis – sarana pelepasan emosi akademik.
Menulis berdasarkan mood penulis  :
Adalah dengan menentukan skala prioritas, serta mampu menentukan target langkah yang diharapkan dapat membayangkan buku selesai ditulis dan terbit setelah selesai menunjukkan tulisan buku kita kepada orang lain,  Skill menulis berkembang seirama dengan kebiasaan menulis yang dilakukan oleh seseorang .
Permasalahan Utama  pada Riset adalah Motivasi yang lemah,  Kemampuan riset  terbatas, Kesadaran profesi, Pendanaan
 Sumber-sumber bahan menulis dan proses penerbitan buku/Journal, Buku dapat dibuat dari hasil riset & manuscript sebelumnya :  Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan penelitian, Laporan ABDIMAS, Buku ajar, Makalah, Artikel yang berasakan.
Bahan kajian yang dilakukan untuk mengkaji sebuah fenomena :
Dilakukan secara khusus sehingga menjadi bahan kajian pustaka atau jawaban teoritik terhadap sebuah objek/masalah kajian
 
Sharing Session 13 September 2019

Sharing Session 13 September 2019

“Smart, Young, and Inspiring ” Research, Digital Network, and Security; How to Get Research Grants and Manage Publications

Sharing Session “ Research, Digital Network, and Security ,  Presenter :  Cutifa Safitri, Ph.D dan How to Get Research Grants and Manage Publications, Presenter :  Dafit Feriyanto, Ph.D yang diselenggarakan pada 13 September  2019. Tujuan dari Sharing Session ini adalah memberikan informasi dan pengetahuan serta motivasi kepada para dosen dosen di lingkungan Institut STIAMI tentang  pentingnya Publikasi Riset dan Pengabdian serta pendidkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.
Research, Digital Network, and Security ; How to Get Research Grants and Manage Publications
  Bagi peneliti, solusi untuk mengatasi tantangan ini tidaklah sesederhana  yang dibayangkan dan dan sekompleks yang di jalankan.  Kesadaran Dunia Digital situasional adalah gal yang  fundamental dalam mengambil langkah-langkah proaktif untuk menghindari kecerobohan dan kesalahan dalam merancang sebuah karya ilmiah di dunia digital.
Peneliti, yang sekarang secara tidak langsung  bertanggung jawab atas elemen-elemen sebuah karya ilmiah yang mungkin  tidak berada di luar kendali langsungnya, membutuhkan tingkat tambahan cyber literacy untuk memahami tanggung jawab yang dikenakan pada mereka sebagai pemilik data. Tanggung jawab terletak pada mengetahui apa yang dapat  lakukan tentang hal-hal yang dapat di kendalikan dan hal-hal yang tidak dapat di kontrol.
  Penelitian Unggulan Strategis Nasional
Luaran penelitian ini dapat berupa proses dan produk teknologi atau jasa yang bisa meningkatkan nilai tambah ekonomi atau kapasitas produksi. Bisa juga keluaran yang dihasilkan berupa teknologi terbarukan.  Selain itu, luaran dapat berbentuk publikasi, artikel ilmiah nasional maupun internasional, serta model pembelajaran masyarakat.  Terjalinnya kerjasama antara perguruan tinggi dengan balitbang, pemda, mitra industri juga menjadi bagian dari luaran.
Penelitian Strategi Nasional
Hibah penelitian ini bertujuan meningkatkan kontribusi peneliti dalam memecahkan masalah pembangunan. Tema-tema yang ditawarkan meliputi: 
Pengentasan kemiskinan, Perubahan iklim, Keanekaragaman hayati, Energi baru dan terbarukan, Integrasi nasional dan harmoni sosial, Pengelolaan dan mitigasi bencana, Ketahanan dan keamanan pangan, Kesehatan, penyakit tropis, dan obat-obatan; Otonomi daerah dan desentralisasi, Teknologi, informasi, dan komunikasi, Infrastruktur, transportasi, dan teknologi pertahanan, Pembangunan manusai dan daya saing bangsa
  Penelitian Kompetensi
Hibah penelitian ini diberikan untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi dosen, serta memperdalam, memperluas, dan mendiseminasikan hasil karyanya. Dari hasil penelitian, pemanfaatannya bisa dijadikan sebagai bahan ajar dan berguna bagi pengabdian masyarakat.
Riset Andalan Perguruan Tinggi dan Industri
Riset ini diharapkan menghasilkan temuan prospektif di pasaran dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, harapannya PT dan industri bisa menjalin kerja sama sinergis. Riset yang menghasilkan luaran untuk masyarakat ini mencakup bidang pertanian dan pangan, kesehatan, teknologi informasi, energi, teknologi manufaktur, kelautan dan perikanan, serta seni dan industri kreatif.