2019

2019

September

Lokakarya dan Pendampingan “Penulisan Buku Teks/Ajar & Artikel Jurnal Nasional dan Internasional Bereputasi” Pemateri pada workshop ini adalah Prof. Dr. H. Burhan Bungin, B.Sc. S.Sos. M.Si. Ph. D. yang diselenggarakan pada 21 September 2019 di Institut STIAMI. Tujuan dari Lokakarya dan Pendampingan ini adalah memberikan pengetahuan serta motivasi kepada para dosen baik yang berada di lingkungan Institut STIAMI juga dosen dosen dari kampus di luar Institut STIAMI tentang pentingnya Publikasi Riset bertaraf nasional dan Internasioanl dan bagaimana membuat sebuah Produk produk buku teks .
Passion Menulis,  dan Kesadaran Profesi
Motivasi Manulis harus ditumbuhkan : Kesadaran profesi, Kesadaran meningkatkan kualitas diri, Kesadaran meningkatkan kualitas bangsa, Indikator peningkatan daya saing negara (salah satu) adalah sciences.  Dan Indikatornnya = Publikasi ilmiah.
Bagaimana dapat menulis :
Miliki Visi menulis adalah hal penting , serta  bagaimana memulai menulis dan membawa alat tulis dimana saja dilanjutkan dengan menulis dimana saja karena hal itu adalah penting,  memulai lah menulis apa yang mudah ditulis browsing dan  rajin mendownload internet , pupuklah hasrat memiliki bahan informasi dan passion ilmuwan.
Problema ada pada kemampuan menulis :
Menulis bukan sekedar melapor hasil penelitian tetapi menulis  adalah sebuah  seni menyampaikan gagasan, dan menulis – merupakan pesan kecerdasan,  Menulis – kualitas akademik ilmuwan, juga  Menulis – social class ilmuwan,  Menulis – sarana aktualisasi ilmuwan,  Menulis – sarana pelepasan emosi akademik.
Menulis berdasarkan mood penulis  :
Adalah dengan menentukan skala prioritas, serta mampu menentukan target langkah yang diharapkan dapat membayangkan buku selesai ditulis dan terbit setelah selesai menunjukkan tulisan buku kita kepada orang lain,  Skill menulis berkembang seirama dengan kebiasaan menulis yang dilakukan oleh seseorang .
Permasalahan Utama  pada Riset adalah Motivasi yang lemah,  Kemampuan riset  terbatas, Kesadaran profesi, Pendanaan
 Sumber-sumber bahan menulis dan proses penerbitan buku/Journal, Buku dapat dibuat dari hasil riset & manuscript sebelumnya :  Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan penelitian, Laporan ABDIMAS, Buku ajar, Makalah, Artikel yang berasakan.
Bahan kajian yang dilakukan untuk mengkaji sebuah fenomena :
Dilakukan secara khusus sehingga menjadi bahan kajian pustaka atau jawaban teoritik terhadap sebuah objek/masalah kajian

Agustus

Research Advance LPPM Institut Stiami menyelenggarakan Workshop Kualitatif RESEARCH COLLEGIUM TRILOGI METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL yang berlangsung di el Royale Hotel Kelapa Gading, Jakarta, pada 24 – 25 Agustus 2019.  Pemateri pada workshop ini adalah Prof. Dr. H. Burhan Bungin, B.Sc. S.Sos. M.Si. Ph. D.  Saat ini Prof. Burhan merupakan Dekan Fikom Universitas Ciputra,  Ketua Umum IQRA (Indonesian Qualitative Researcher Colloquium) serta penulis banyak buku-buku metodologi penelitian kualitatif. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah dosen bukan hanya berasal dari DKI Jakarta saja,  melainkan juga dari luar DKI Jakarta, dan luar Jawa.   Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mahir menggunakan metode penelitian kualitatif.
Workshop Kualitatif ini merupakan lanjutan dari WORKSHOP KUALITATIF RESEARCH COLLEGIUM TRILOGI METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL, PADA 19-20 APRIL 2019
Materi Research Advance : Quasi – Qualitaive, Case Study, Ethnomethodology, Phenomenology, Grounded Theory, Narative, Post – Qualitative, Mixed Methods, ETC
Manual Data Analysis Procedure: Transcript, Coding, Theme, Categorization, Memo.
Becker menyatakan bahwa “Salah satu kesalahan terbesar dalam sebagian besar studi kasus observasional adalah kegagalan mereka untuk membuat eksplisit kuasi-statistik dasar kesimpulan mereka” (1970: 81-2). kehati-hatian harus diambil ketika membaca hasil secara teknis.
Etnometodologi memiliki batasan sebagai kajian akal sehat, yakni kajian dari observasi penciptaan yang digunakan terus-menerus dalam interaksi sosial dengan lingkungan yang sewajarnya. Etnometodologi bukanlah metode yang digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data, melainkan menunjuk pada permasalahan apa yang akan diteliti. Etnometodologi adalah studi tentang bagaimana individu menciptakan dan memahami kehidupan sehari-hari, metodenya untuk mencapai kehidupan sehari-hari.
Phenomenology Memahami inti dari pengalaman individu berkaitan dengan suatu fenomena tertentu. Memaparkan suatu pengalaman unik dan khas yang dialami individu atau sekelompok individu berkaitan dengan suatu fenomena tertentu dan arti yang diperoleh dari pengalaman tersebut berdasarkan sudut pandang subjek.
Etnografi Memberikan gambaran dan melakukan interpretasi dari suatu budaya dan kelompok sosial. Memaparkan mengenai alasan peneliti mengapa berilaku berbudaya dari suatu kelompok perlu digambarkan dan diinterpretasikan.
Case Study Mengembangkan analisis yang mendalam dari suatu kasus tunggal atau kasus jamak Permasalahan. Peneliti harus memfokuskan diri pada suatu kasus atau fenomena, bagaimana prosesnya

Agustus

“A Half Day Workshop Academic Writing”
LPPM Institut Stiami held a “A Half Day Workshop Academic Writing” which took place on August 6, 2019. Speakers at this workshop were Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko S.T., M.Kom.,
Born in Surabaya, Wisnu Jatmiko received his Bachelors degree in Electrical Engineering from The Faculty of Engineering and M.Sc. degree from The Faculty of Computer Science, both are received from Universitas Indonesia in 1997 and 2000 respectively. In 2007, he received his Dr. Eng. degree from The Micro-Nano Systems Engineering, Nagoya University, Japan.  
The Importance of Publication and Scientific Maintenance and Revitalizing Ability and Running Tridarma Pendidikan. The science that we will build is filled with the latest and up-to-date references to keep ideas fresh, the researchers agree that in research using up-to-date references. We must revitalize ideas and we also really need icons to be sold in research to determine what contributions should be made. In Research the importance of making a research matrix to see where we really are, as well as making conclusions from the research made. In making a research it is highly recommended to learn from those who have been successful or successful in their fields, as well as the importance of collaboration in a study.
How to determine the state of the art research is by referring to a research plan of 3 parameters:
. Contributiaon . Originality . Novelty
He further stated that, we should avoid plagiarism and what must be considered more in a writing is ethics in writing and research data ethics.

April

WORKSHOP KUALITATIF RESEARCH COLLEGIUM TRILOGI METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL, PADA 19-20 APRIL 2019
Salah satu hal penting dalam menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen adalah melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil pemikiran serta analisisnya tersebut.  Kemenristekdikti menekankan penilaian kinerja dosen yang berbasis penelitian dan pengabdian masyarakat yang dipublikasikan melalui karya ilmiah.  Berdasarkan hal tersebut, LPPM Institut Stiami menyelenggarakan Workshop Kualitatif RESEARCH COLLEGIUM TRILOGI METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL yang berlangsung di el Royale Hotel Kelapa Gading, Jakarta, pada 19-20 April 2019.  Pemateri pada workshop ini adalah Prof. Dr. H. Burhan Bungin, B.Sc. S.Sos. M.Si. Ph. D.  Saat ini Prof. Burhan merupakan Dekan Fikom Universitas Ciputra,  Ketua Umum IQRA (Indonesian Qualitative Researcher Colloquium) serta penulis banyak buku-buku metodologi penelitian kualitatif. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah dosen bukan hanya berasal dari DKI Jakarta saja,  melainkan juga dari luar DKI Jakarta, seperti Yogyakarta, Surabaya dan luar Jawa.   Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mahir menggunakan metode penelitian kualitatif.

Maret – angkatan V

Tema Workshop  “Manajemen dan Analisis Data dengan NVivo 12 Plus” Advanced Level Workshop, Pengelolaan Data Riset Kualitatif dan Mixed Method (Angkatan 5) yang di selenggarakan pada, Hari/Tanggal  : Sabtu , 16 Maret 2019 (kampus pusat)  Pukul : 09.00 s/d selesai  Tempat  : Kampus Pusat,  Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55 Cempaka Putih Jakarta Pusat 10530 Pembicara  : Agustinus Bandur, Ph.D (Dosen Senior Program S3 Doctor of Research in Management BINUS) – Penulis Buku NVivo 10. 11 Plus dan 12 Plus for windows.
Metode penelitian kombinasi dapat memperoleh data-data yang signifikan dengan pendekatan kuantitatif, namun tidak bersifat kaku seperti metode kuantitatif. Metode penelitian kombinasi dapat menggugat, bahkan menggugurkan pernyataan (statement) yang telah digeneralisir, apabila mendapatkan temuan baru dari penelitian yang dilakukan. Metode penelitian kombinasi dapat menjawab pertanyaan penelitian yang tak dapat dijawab dengan metode kuantitatif saja, atau metode kualitatif saja. Metode penelitian kombinasi mendorong peneliti untuk melakukan penelitian kolaborasi (seperti kolaborasi sosial, kolaborasi behavioristik, dan kolaborasi humanistik). Penelitian dengan menggunakan metode kombinasi, dapat diawali dengan metode kuantitatif terlebih dahulu, kemudian kualitatif. Namun dapat juga sebaliknya, metode kualitatif terlebih dahulu, kemudian metode kuantitatif, tergantung pada kebutuhan penelitian.

Maret

Tema Pertemuan Ilmiah  “Klinik Penulisan Proposal Hibah Kemenristekdikti 2019″ ” yang diselenggarakan pada, Hari/Tanggal  : Jumat , 08 Maret 2019 (kampus pusat) Pukul : 09.00 s/d selesai  Tempat  : Kampus Pusat,  Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55 Cempaka Putih Jakarta Pusat 10530 Pembicara  : Prof. Dr. sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto, Reviewer Nasional – Hibah Kemenristekdikti
Adapun hasil –  hasil yang diharapkan agar :
  1. Lembaga secara aktif mendorong Institut STIAMI duntuk meningkatkan kuantitas dan kualitas proposal yang diusulkan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan.
  2. Ketua LPPM segera menyampaikan informasi tersebut di atas kepada para dosen di lingkungan internal masing-masing, dan secara aktif mendorong para dosen untuk mengusulkan proposal penelitian pada waktu yang telah ditentukan.

Februari – angkatan IV

NVivo 12 Plus Workshop dengan Tema Workshop “Manajemen dan Analisis Data dengan NVivo 12 Plus” Pengelolaan Data Riset Kualitatif dan Mixed Method (Angkatan 4) yang di selenggarakan pada, Hari / Tanggal : Selasa, 12 Februari 2019 (kampus pusat)  Pukul : 09.00 s/d selesai  Tempat  : Kampus Pusat,  Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55 Cempaka Putih Jakarta Pusat 10530 Pembicara  : Agustinus Bandur, Ph.D (Dosen Senior Program S3 Doctor of Research in Management BINUS) – Penulis Buku NVivo 10. 11 Plus dan 12 Plus for windows – 
Kemunculan penelitian-penelitian yang bersifat interdisipliner, juga mendorong metode penelitian yang lebih beragam dalam melakukan penelitian. Maka dari itu, metode penelitian kombinasi dicetuskan. Metode penelitian kombinasi merupakan merupakan metode penelitian yang digunakan dengan menggabungkan baik metode kuantitatif maupun metode kualitatif. Selain menjawab persoalan-persoalan penelitan yang telah disebutkan, metode penelitian kombinasi memberikan jawaban yang jauh lebih komprehensif daripada hanya menggunakan metode penelitian kuantitatif saja atau metode penelitian kualitatif saja.

Februari

Tema Workshop  “Pelatihan Konsep dan Praktek Rasch (Model untuk Riset Bidang Ilmu Sosial)” Di selenggarakan pada, Hari/Tanggal  : Jum’at dan Sabtu, 01 – 02 Februari 2019 (kampus pusat) Pukul : 08.30 s/d selesai Tempat  : Kampus Pusat,  Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55 Cempaka Putih Jakarta Pusat 10530 Pembicara : Bambang Sumintono, Ph.D. (University of Malaya – Penulis Buku Aplikasi Model Rasch). Materi : Dasar – dasar Pengukuran, Pengenalan pada pemodalan pengukuran Rasch, Bagaimana dan Mengapa Model Rasch menghasilkan Pengukuran Linier dengan Interval yang sama, Penggunaan Software Ministep/Winsteps untuk Analisis dengan Model Rasch, Interprestasi hasil Keluaran Analisis Model Rasch.

Januari - angkatan III

NVivo 12 Plus Workshop dengan Tema Workshop “Manajemen dan Analisis Data dengan NVivo 12 Plus” Pengeloalaan Data Riset Kualitatif dan Mixed Method (Angkatan 3) yang di selenggarakan pada, Hari / Tanggal : Sabtu, 26 Januari 2019 (kampus pusat)  Pukul : 08.30 s/d selesai  Tempat  : Kampus Pusat,  Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55 Cempaka Putih Jakarta Pusat 10530 Pembicara  : Agustinus Bandur, Ph.D (Dosen Senior Program S3 Doctor of Research in Management BINUS) – Penulis Buku NVivo 10. 11 Plus dan 12 Plus for windows –

Januari - angkatan II

NVivo 12 Plus Workshop dengan Tema Workshop “Manajemen dan Analisis Data dengan NVivo 12 Plus” Pengeloalaan Data Riset Kualitatif dan Mixed Method (Angkatan 2) yang di selenggarakan pada, Hari / Tanggal : Jumat, 18 Januari 2019 (kampus pusat)  Pukul : 08.30 s/d selesai  Tempat  : Kampus Pusat,  Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55 Cempaka Putih Jakarta Pusat 10530 Pembicara  : Agustinus Bandur, Ph.D (Dosen Senior Program S3 Doctor of Research in Management BINUS) – Penulis Buku NVivo 10. 11 Plus dan 12 Plus for windows –

Januari – angkatan I

NVivo 12 Plus Workshop dengan Tema Workshop “Manajemen dan Analisis Data dengan NVivo 12 Plus” Pengeloalaan Data Riset Kualitatif dan Mixed Method (Angkatan 1) yang di selenggarakan pada, Hari / Tanggal : Sabtu, 12 Januari 2019 (kampus pusat)  Pukul : 08.30 s/d selesai  Tempat  : Kampus Pusat,  Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55 Cempaka Putih Jakarta Pusat 10530 Pembicara  : Agustinus Bandur, Ph.D (Dosen Senior Program S3 Doctor of Research in Management BINUS) – Penulis Buku NVivo 10. 11 Plus dan 12 Plus for windows –