Browsed by
Category: Mekanisme Penelitian

Workshop 26 Februari 2021

Workshop 26 Februari 2021

Workshop Penyusunan Roadmap Penelitian

Workshop Online

Disesi ini pemateri Prof. Dr. Muhammad Mulyadi, M.Si juga memberikan penjelasan mengenai perbedaan antara roadmap dengan tahapan penelitian. Dimana roadmap merupakan poin yang kita capai atau sedang kita lakukan untuk mencapai hal tertentu. Sedangkan tahapan penelitian adalah tahapan yang menjelaskan mengenai apa-apa saja yang akan dilakukan dalam penelitian yang diusulkan. Workshop ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan para peserta webinar yang didominasi dengan pertanyaan mengenai pelaksanaan roadmap yang telah dibuat dan langkah awal pembuatan roadmap. Tidak jarang para peserta juga bertanya mengenai indikator capaian dalam pembuatan roadmap penelitian ini.
Choacing Clinic Proposal Hibah Dikti 22 Oktober 2020

Choacing Clinic Proposal Hibah Dikti 22 Oktober 2020

Choacing Clinic Penyusunan Proposal Penelitian dan PkM Hibah Dikti 22 Oktober 2020

LPPM Institut STIAMI berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Manajemen (FISMA), serta Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) mengadakan Couching Clinic Penulisan Proposal Penelitian bagi dosen di lingkungan Institut STIAMI. Acara ini menghadirkan Dr. Euis Komalawati, S.Sos, M.Si sebagai pembimbing, juga dihadiri Dekan FISMA Dr. Widiyono, SE, MM, sebagai salah satu upaya mendorong dan memotivasi para dosen dan peneliti untuk semangat melakukan penelitian serta pengabdian juga mempublikasikan hasil-hasil karya mereka di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional sehingga bermanfaat untuk kepentingan masyarakat luas.
Seminar Hasil Penelitian dan PkM tahun 2019.

Seminar Hasil Penelitian dan PkM tahun 2019.

Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 20 Desember 2019

Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat tahun 2019. Dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2019. Tujuan adalah untuk berbagi pengalaman antar sesama dosen dalam melakukan riset dan PkM dan untuk menunjukkan hasil atau riset dan produk-produk PkM oleh para dosen dan mitra PkM. Dan yang paling penting dapat memberikan kontribusi dalam penguatan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat berdasarkan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Perguruan Tinggi, yang berkelanjutan.
Workshop Kualitatif RESEARCH COLLEGIUM TRILOGI METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL, pada 19-20 April 2019

Workshop Kualitatif RESEARCH COLLEGIUM TRILOGI METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL, pada 19-20 April 2019

Salah satu hal penting dalam menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen adalah melaksanakan penelitian dan mempublikasikan hasil pemikiran serta analisisnya tersebut.  Kemenristekdikti menekankan penilaian kinerja dosen yang berbasis penelitian dan pengabdian masyarakat yang dipublikasikan melalui karya ilmiah.  Berdasarkan hal tersebut, LPPM Institut Stiami menyelenggarakan Workshop Kualitatif RESEARCH COLLEGIUM TRILOGI METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL yang berlangsung di el Royale Hotel Kelapa Gading, Jakarta, pada 19-20 April 2019.  Pemateri pada workshop ini adalah Prof. Dr. H. Burhan Bungin, B.Sc. S.Sos. M.Si. Ph. D.  Saat ini Prof. Burhan merupakan Dekan Fikom Universitas Ciputra,  Ketua Umum IQRA (Indonesian Qualitative Researcher Colloquium) serta penulis banyak buku-buku metodologi penelitian kualitatif. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah dosen bukan hanya berasal dari DKI Jakarta saja,  melainkan juga dari luar DKI Jakarta, seperti Yogyakarta, Surabaya dan luar Jawa.   Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mahir menggunakan metode penelitian kualitatif.
PENGAMBILAN DATA PENELITIAN, MALANG 1 – 4 APRIL 2019

PENGAMBILAN DATA PENELITIAN, MALANG 1 – 4 APRIL 2019

“Model Pelaporan Keuangan Entitas Bisnis Berbasis komunitas” (Studi Kasus Kampung Warna Warni, Kota Malang). Pada Tanggal 3 – 4 April 2019

Kampung Warna Warni  atau kampung Jodipan  terletak di bawah jembatan kereta api kota Malang dan terletak di wilayah aliran sungai Brantas. Kampung Jodipan telah menjadi desa wisata tematik yang penuh warna yang menarik ribuan pengunjung. Perubahan Kampung Jodipan yang penuh warna menggunakan Model Pemberdayaan Pengembangan Masyarakat Lokal di mana peran masyarakat lokal sangat penting.


Penelitian 1. “Kerangka Kerja Desa Wisata : Sebuah Rencana Pengembangan. 

Penelitian 2. “Model – model Desa Wisata di Pulau Jawa : Studi Komparasi.

Salah satu pendekatan yang dapat dipergunakan guna mengembangkan kegiatan pariwisata adalah konsep desa wisata dan ekowisata berbasis partisipasi masyarakat. Desa wisata dan Ekowisata merupakan kegiatan wisata yang memberikan dampak langsung terhadap kawasan wisata tersebut, serta berperan dalam usaha pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal, serta mendorong dan pembangunan berkelanjutan. Sebagai contoh riset adalah Kampung Warna Warni  atau kampung Jodipan  terletak di bawah jembatan kereta api kota Malang dan terletak di wilayah aliran sungai Brantas. Kampung Jodipan telah menjadi desa wisata tematik yang penuh warna yang menarik ribuan pengunjung.

Pengambilan Data Penelitian, Malang 1- 4 April 2019

Pengambilan Data Penelitian, Malang 1- 4 April 2019

“Komparasi Model Desa Wisata Berbasis Komunitas di Desa Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur” Pada tanggal 1 – 2 April 2019

Desa Wisata Pujon KidulMalang, Jawa Timur memang banyak berhasil mengintegrasikan segenap potensi desanya  untuk menjadi destinasi wisata yang unik dan menarik. Desa ini  menyediakan paket-paket wisata mulai dari cafe sawah, wisata berkuda, outbond, tracking di pegunungan, edukasi pertanian dan peternakan hingga homestay. Konsep memanfaatkan potensi alam, ekonomi dan budaya.  Dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi destinasi tujuan wisata di daerah Batu Malang.

“Smart Village di Desa Wisata Kabupaten Malang” pada Tanggal 1 – 2 April 2019

Konsep desa pintar atau smart village, mampu mengembangkan potensi desa dengan memanfaatkan bentuk – bentuk  teknologi baik secara digital tools dan apps. Desa wisata yang menggunakan konsep Smart Village dalam pengelolaanya mengoptimalkan peran pemerintah, masyarakat setempat dan kelompok sadar wisata atau komunitas-komunitas  sehingga menciptakan desa wisata yang berbasis teknologi.
Klinik Penulisan Proposal Hibah Kemenristekdikti 08 Maret 2019

Klinik Penulisan Proposal Hibah Kemenristekdikti 08 Maret 2019

Tema Pertemuan Ilmiah  “Klinik Penulisan Proposal Hibah Kemenristekdikti 2019″ ” yang diselenggarakan pada, Hari/Tanggal  : Jumat , 08 Maret 2019 (kampus pusat) Pukul : 09.00 s/d selesai  Tempat  : Kampus Pusat,  Jl. Pangkalan Asem Raya No. 55 Cempaka Putih Jakarta Pusat 10530 Pembicara  : Prof. Dr. sc. agr. Ir. Didik Sulistyanto, Reviewer Nasional – Hibah Kemenristekdikti