Workshop Publikasi Ilmiah

Workshop Publikasi Ilmiah

Workshop Publikasi Ilmiah, 25 April 2024

Kegiatan workshop ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa Jurnal elektronik di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Namun demikian, pesatnya perkembangan tersebut harus diimbangi dengan kualitas penulisan, pembahasan literature review atau tinjauan pustaka yang wajib dilakukan untuk bisa mengembangkan teori yang digunakan, format yang digunakan dalam penulisan artikel juga harus disesuaikan dengan template jurnal yang dituju dan memperhatikan norma penulisan yang baik dan benar. Peningkatan kualitas dan kuantitas jurnal terakreditasi dan bahkan bereputasi internasional ini menjadi sesuatu yang penting dalam rangka menjadi world class research. Disamping peningkatan jumlah dan kualitas riset-riset dari para Peneliti di lingkungan perguruan tinggi, perlu dikembangkan juga media publikasi ilmiah agar artikel-artikel yang dihasilkan dari riset-riset tersebut tidak semuanya diterbitkan di jurnal yang ada di luar negeri saja, tetapi juga didiseminasi di jurnal-jurnal yang diterbitkan di Indonesia. Di sisi lain, peningkatan aksesibilitas penulisan Ilmiah menjadi sangat penting pada era global saat ini, terutama pada jurnal-jurnal di Badan Standarisasi Nasional yang terakreditasi nasional ataupun jurnal bereputasi internasional.
Direktur Riset dan Abdimas Dr Anita Maulina, S.AB, M.A dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa semangat seluruh dosen untuk bisa mempublikasikan karya ilmiah nya ke jurnal internasional bereputasi atau jurnal nasional terindeks SINTA
Sebagai Narasumber yang berkompeten dan berpengalaman dibidangnya yakni Doktor(Cand) Budiana Ruslan, S.IP, M.B.A dengan materi penulisan ilmiah yang disampaikan, mulai dari trik penulisan, pembahasan literature review atau tinjauan pustaka yang wajib dilakukan untuk bisa mengembangkan teori yang digunakan.
Dengan semakin banyaknya jurnal di Indonesia yang di mesin pengindeks jurnal semakin bertambah, misalnya Google Scholar, DOAJ, CABI, EBSCO, SCOPUS, dan lain-lain. Pada akhirnya, dengan penyediaan artikel ilmiah secara online di website masing-masing jurnal ilmiah, maka akan meningkatkan jumlah sitasi terhadap hasil-hasil karya yang dihasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *