SEMINAR NASIONAL 26 FEBRUARI 2021

SEMINAR NASIONAL 26 FEBRUARI 2021

Institut STIAMI Dorong Peningkatan Ekonomi Kreatif Berbasis Digital

Seminar Nasional dibuka oleh Rektor Institut STIAMI Prof. Dr. Ir. Wahyuddin Latunreng, MM dan sambutan Dekan Ilmu Sosial dan Manajemen Institut STIAMI oleh Ibu Yuli Evitha, SE, MA.
Sementara itu, Dr. H. Sandiaga Salahuddin  Uno, B.B.A, MBA selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, sebagai keynote speaker dalam seminar nasional mengajak para pelaku bisnis muda agar mau untuk melakukan kegiatan ekonomi kreatif berbasis digitalisasi untuk menghadapi persaingan global.
“Saya mengajak agar para pelaku bisnis, khususnya pebisnis muda untuk melakukan kegiatan ekonomi kreatif berbasis digitalisasi,” ujarnya.
Dijelaskannya, ekonomi kreatif merupakan penyumbang devisa yang besar dan tingkat penyerapan tenaga kerja yang tinggi bagi perekonomian Indonesia, tetapi saat pandemi melanda di sektor ini sangat terdampak.
Pada seminar nasional tersebut para pembicara terdiri dari unsur akademisi, praktisi dan pelaku usaha yang luar biasa di bidangnya masing-masing, diantaranya pembicara I, Dr. Adi Budirso, FCPA selaku Kepala Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Menteri Keuangan RI. Pembicara II, Muhammad Azhar Iskandar Zainal, MBA selaku Koordinator Aplikasi, Direktorat Aplikasi dan Tata Kelola Ekonomi Digital Kedeputian Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif. Pembicara III, Dr. Dadang Solihin, SE, MA Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata Prov. DKI Jakarta dan Dosen Institut STIAMI. Dan Pembicara IV Iman Kusnadi CEO and Co Founder Ritase.com.
Seminar Nasional tersebut juga membahas urgensi stimulus kebijakan fiskal untuk mendukung ekonomi kreatif di era digital.
Sementara itu, strategi kebijakan pengembangan dan penguatan ekonomi dan keuangan digital dalam hal ini menyampaikan ada 3 kebijakan yang harus dilakukan, antara lain:
1. Perkembangan Covid-19 perekonomian dan program pemulihan ekonomi nasional.
2. Perkembangan ekonomi dan keuangan digital, dan
3. Strategi kebijakan dan dukungan pemerintah untuk pengembangan ekonomi dan keuangan digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *