Lokakarya & Pendampingan 21 September 2019

Lokakarya & Pendampingan 21 September 2019

“ Penulisan Buku Teks/Ajar dan Artikel Jurnal Nasional dan Internasional Bereputasi ”

Lokakarya dan Pendampingan “Penulisan Buku Teks/Ajar & Artikel Jurnal Nasional dan Internasional  Bereputasi” Pemateri pada workshop ini adalah Prof. Dr. H. Burhan Bungin, B.Sc. S.Sos. M.Si. Ph. D.  yang diselenggarakan pada 21 September 2019 di Institut STIAMI. Tujuan dari Lokakarya dan Pendampingan ini adalah memberikan pengetahuan serta motivasi kepada para dosen baik yang berada di lingkungan Institut STIAMI juga dosen dosen dari kampus di luar Institut STIAMI  tentang  pentingnya Publikasi Riset bertaraf nasional dan Internasioanl dan bagaimana membuat sebuah Produk produk buku teks .
Passion Menulis,  dan Kesadaran Profesi
Motivasi Manulis harus ditumbuhkan : Kesadaran profesi, Kesadaran meningkatkan kualitas diri, Kesadaran meningkatkan kualitas bangsa, Indikator peningkatan daya saing negara (salah satu) adalah sciences.  Dan Indikatornnya = Publikasi ilmiah.
Bagaimana dapat menulis :
Miliki Visi menulis adalah hal penting , serta  bagaimana memulai menulis dan membawa alat tulis dimana saja dilanjutkan dengan menulis dimana saja karena hal itu adalah penting,  memulai lah menulis apa yang mudah ditulis browsing dan  rajin mendownload internet , pupuklah hasrat memiliki bahan informasi dan passion ilmuwan.
Problema ada pada kemampuan menulis :
Menulis bukan sekedar melapor hasil penelitian tetapi menulis  adalah sebuah  seni menyampaikan gagasan, dan menulis – merupakan pesan kecerdasan,  Menulis – kualitas akademik ilmuwan, juga  Menulis – social class ilmuwan,  Menulis – sarana aktualisasi ilmuwan,  Menulis – sarana pelepasan emosi akademik.
Menulis berdasarkan mood penulis  :
Adalah dengan menentukan skala prioritas, serta mampu menentukan target langkah yang diharapkan dapat membayangkan buku selesai ditulis dan terbit setelah selesai menunjukkan tulisan buku kita kepada orang lain,  Skill menulis berkembang seirama dengan kebiasaan menulis yang dilakukan oleh seseorang .
Permasalahan Utama  pada Riset adalah Motivasi yang lemah,  Kemampuan riset  terbatas, Kesadaran profesi, Pendanaan
 Sumber-sumber bahan menulis dan proses penerbitan buku/Journal, Buku dapat dibuat dari hasil riset & manuscript sebelumnya :  Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan penelitian, Laporan ABDIMAS, Buku ajar, Makalah, Artikel yang berasakan.
Bahan kajian yang dilakukan untuk mengkaji sebuah fenomena :
Dilakukan secara khusus sehingga menjadi bahan kajian pustaka atau jawaban teoritik terhadap sebuah objek/masalah kajian
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *